28 Maret, 2009

HIV DAN AIDS

HUMAN IMMUNO DEFICIENCY VIRUS

HIV atau human immuno deficiency virus adalah virus yang menyerang system kekebalan tubuh manusia…HIV terdapat dalam darah ,sperma untuk laki laki,cairan vagina untuk perempuan dan ASI (Air susu ibu) dari ibu yang tertular HIV.
Sedangkan AIDS (Acguared immune deficiency syindrome) adalah kumpulan gejala akibat manurunnya system kekebalan tubuh,akibat serangan HIV.Dampaknya ,seseorang mudah terserang penyakit dan menjadi parah dari biasanya.

PENYEBAB DAN GEJALA AIDS

AIDS disebabkan HIV,bukan penyakit keturunan atau kutukan.tidak ada tanda khusus bagi orang yang tertular HIV.Penamapilan fisik seseorang,bukan jaminan bebas dari HIV jika berperilaku yang beresiko.
semua orang dapat tertular HIV dan AIDS,tanpa membedakan jenis kelamin,usia,suku,agama,ras,pendidikan pakerjaan dan lain lain...Sebelum HIV berubah menjadi AIDS,yang umumnya terjadi dalam llima sampai sepuluh tahun,orang yang tertular HIV tampak sehat dan merasa sehat seperti orang lain yang tidak tertular HIV.

Meskipun nampak sehat dan merasa sehat,orang yang tertular HIV dapat menularkan HIV kepada orang lain.untuk mengetahui bagaimana seseorang terinveksi HIV,bisa melalui proses konseling dan testing secara suka rela(KTS) Voluntary counceling and testing (VCT).
Prosedur ini meliputi konseling pra tes untuk memahami makna dan tujuan tes serta menyiapkan mental untuk melakukan tes.
Kemudian melakukan tes darah untuk mengetahui status HIV,konseling pasca tes untuk memahami hasil tes menerima apapun hasilnya dan membuat rencana tindak lanjut terlepas hasil positif dan negative.

Tidak semua orang mengalami gejala,tapi ada juga yang mengalami gejala setelah beberapa minggu melakukan hubungan seks beresiko,seperti meriang,nyeri sendi namun ini akan hilang dengan sendirinya karena virus sudah beradaptasi.

Pada stadium AIDS I,akan timbul gejala seperti turunya berat badan hingga 10 kg…Untuk HIV ini sudah ada obatnya,namun tidak dapat menyembuhkan.

OBAT HIV DAN TEMPAT PEMERIKSAAN

Terapi anti Retrovial (ART) ialah obat untuk menekan pertumbuhan HIV dalam tubuh,dapat meningkatkan stamina dan usia harapan hidup orang,namun ART tidak dapat menyembuhkan atau menghilangkan HIV dalam tubuh.
untuk memeriksakan diri apakah tertular HIV atau tidak,sebaiknya dilakukan di VCT..Untuk daerah Kalbar terdapat tiga tempat VCT,yaitu rumah sakit Antonius,Sudarso dan VCT Khatulistiwa Center diunit pelayanan kesehatan khusus (UPKK).

Pemeriksaan di VCT ini gratis atau tidak dipungut biaya selama bantuan masih ada(seperti obat yang jumlahnya terbatas).bila terjadi pemungutan biaya dapat dilaporkan kepada Dinas Kesehatan…

1 komentar:

Posting Komentar

Pengguna anonim bebas berkomentar,tapi "Maaf" semua komentar memerlukan persetujuan untuk diterbitkan.

Pengikut

Download Ebook,Internet Mobile & Gadget

RANDOM POST

  © Blogger templates Modifikasi The Professional Gradient Template by Albert Kennedy 2010

Back to TOP