05 Februari, 2010

Mendengarkan Siaran Radio Internet Dengan Winamp

Bosan dengan pekerjaan sehari-hari? Bosan dengan lagu-lagu MP3 koleksi Anda? Mungkin ada baiknya Anda mencoba mendengarkan siaran radio dari internet. Bagaimana caranya? Pakai apa sih programnya? Enak nggak sih lagu-lagunya? Silakan simak saja terus tulisan ini.


Sebenarnya ada banyak program untuk mendengarkan siaran radio dari internet tapi kali ini kita akan menggunakan program yang sudah sangat populer sekali di pasaran yaitu Winamp. Kita mungkin mengetahui bahwa hampir di setiap PC yang ada sound card-nya pasti ada program Winamp-nya. Winamp adalah program yang awalnya digunakan untuk memainkan lagu-lagu dalam format MP3. Pada perkembangannya akhirnya Winamp (yang dibuat oleh Justin Frankel ini) bisa memainkan banyak sekali format audio mulai dari WAV, CD, MOD, MID, OGG, WMA dan masih banyak lagi yang lainnya. Sampai akhirnya saat ini bisa digunakan untuk mendengarkan streaming audio dari internet. Winamp ini bisa Anda download dengan gratis dari internet melalui websitenya yang beralamat di http://www.winamp.com/.
Sampai tulisan ini ditulis Winamp sudah mencapai versi 5.04. Bagaimana caranya mendengarkan musik-musik yang enak dari radio internet? Pertama-tama Anda harus download dulu program Winamp ini dari www.winamp.com. Jika di komputer Anda sudah ada program Winamp pastikan versinya minimal versi 3.0. Saat ini penulis menggunakan versi terakhir yaitu versi 5.04.
Jika sudah selesai Anda install maka silakan jalankan program Winamp. Tekan Alt+L untuk membuka window Media Library. Adapun screen shot dari window Media Library.
Pilih menu Internet Radio pada bagian Streaming Media seperti pada gambar di atas. Pastikan komputer Anda sudah terhubung ke internet sebelum Anda melakukan hal di atas. Winamp akan me-refresh daftar radio online yang ada di internet dan secara otomatis akan menampilkan hasilnya kepada Anda seperti contoh di atas.
Kalau kita lihat di atas maka banyak sekali siaran radio online di internet yang bisa kita dengarkan. Kita bisa memilih berdasarkan namanya, genre musiknya ataupun berdasarkan bitrate streaming yang ditawarkan. Biasanya untuk pendengar di indonesia bitrate yang masih ideal antara 16 kbps sampai 56 kbps. Untuk mendengarkan radio internet ini Anda bisa men-dobel klik nama radionya (seperti pada gambar di atas). Ada banyak sekali musik-musik yang bisa Anda dengar mulai dari musik jazz, musik disco ataupun pop. Semuanya tergantung pada kecepatan koneksi dari internet Anda. Jika Anda memiliki koneksi internet broadband Anda bisa mendengarkan radio online internet dengan bitrate yang lebih tinggi dan hal ini akan mempengaruhi kualitas audio streaming yang jauh lebih baik.
Sekelompok anak muda Indonesia juga memiliki radio online di internet, beberapa yang terkenal adalah Indoradio Network (http://www.indoradio.net/) dan HeartBeat Station (http://www.heartbeatstation.net/). Radio ini sering didengarkan oleh pendengar di Indonesia lantaran karena mereka menawarkan bitrate yang sesuai dengan kondisi internet Indonesia, rata-rata siaran pada bitrate 16 kbps.
Dengan adanya radio internet ini maka kita tidak akan pernah bosan di depan internet, sambil kita browsing kita bisa mendengarkan lagu-lagu yang enak dari radio internet. Penulis sendiri sering mendengarkan siaran radio internet dari Eropa karena lagu-lagunya enak dan masih cocok dengan kuping orang Indonesia yang rata-rata suka lagu-lagu pop.

(Maaf...Sumber-Copy paste dari Blog yang saya sendiri sudah lupa link nya)



1 komentar:

muhammad abidin Senin, Maret 21, 2011 7:08:00 AM  

Tulisannya bagus. sangat berguna utk saya, makasih untuk sharingnya mas.
Salam kenal dari Blog Sederhana Harga Handphone :)

Posting Komentar

Pengguna anonim bebas berkomentar,tapi "Maaf" semua komentar memerlukan persetujuan untuk diterbitkan.

Pengikut

Download Ebook,Internet Mobile & Gadget

RANDOM POST

  © Blogger templates Modifikasi The Professional Gradient Template by Albert Kennedy 2010

Back to TOP