10 April, 2009

RAJA TENGAH KAWIN DENGAN PUTERI MATAN

RAJA TENGAH KAWIN DENGAN PUTERI MATAN

Oleh karena Raja Tengah mempunyai kepribadian yang baik,taat menjalankan perintah agama,disukai dan dicintai oleh rakyat.. Dan Raja Matan mengetahui bahwa sebenarnya beliau adalah Raja Sarawak,maka Sultan Muhammad Syafi’uddin berkenan mengawinkannya dengan adiknya yang bernama Ratu Surya Kesuma.dari perkawinan Raja Tengah dengan Ratu Surya Kesuma dikarunia lima orang anak yang masing masing bernama,Raden Sulaiman (Sultan Sambas Pertama),Raden Badaruddin,Raden Abdul Wahab,Raden Rasymi Putri dan Raden Ratna Wati.

Menurut Raja Ali Haji dalam buku “Silsilah Melayu Dan Bugis Dan Sekalian Raja Rajanya” dan P.J Veth dalam buku “Borneo’s Westerafdeeling” ,raja raja Sukadana Matan berasal dari Majapahit dimulai dari Prabu Brawijaya beranakkan Raja Bapurung (Pangeran Prabu)...dalam bahasa dayak Bapurung berarti bertato,Raja Bapurung beranakkan Panembahan Karang Junjung(Talaunia Canddlei),beranakkan Panembahan Bandala,beranakkan Panembahan Sukadana,beranakkan Panembahan Air Mala,beranakkan Panembahan Baruh,beranakkan Panembahan Giri Kesuma,yang kawin dengan Ratu Mas Jaintan disebut juga Ratu Bunku dari Landak dan mempunyai tiga orang anak Yaitu Panembahan Giri Mustika bergelar Sultan Syafi’uddin,Puteri Surya Kesuma kawin dengan Raja Tengah,Gusti Lekar kawin dengan Utin Periuk dari Meliau/Tayan.

Setelah cukup lama tinggal di Sukadana dan mempunyai lima orang putera,pada suatu hari Raja Tengah bersama istrinya Ratu Surya Kesuma menghadap Sultan Muhammad Syafi’uddin,mohon untuk diijinkan meninggalkan Sukadana,untuk pindah bermukim didaerah Sungai Sambas.

Sejak ia berada di Brunei dan Sarawak,Raja Tengah telah mendengar kisah tentang Negeri Sambas yang kaya dengan emas.selama berada di Sukadana,iapun mendengar tentang kerajaan Sambas dengan Rajanya Ratu Sepudak dan Kota Lama merupakan bandar yang ramai dikunjungi para pedagang.karena itulah Raja tengah sangat gembira ketika diijinkan Sultan Syafi’uddin,untuk berlayar ke Sambas (Kota Bangun).

Catatan :Menurut Tim Peniliti Sejarah Sambas,”KOTA LAMA” dulunya disebut “KOTA SAMBAS”,namun setelah ibukota Sambas berpindah...Kota tersebut disebut KOTA LAMA (Bekas ibu kota yang lama).

3 komentar:

Anonim,  Minggu, Juli 04, 2010 1:00:00 AM  

Salam Bert972,saye amat tertarik dan sedang mengkaji silsilah keturunan saye yg maklumatnye saya kumpul dari org2 saya.Saya ingin sekali menjejak peristiwa sekembalinye Raden Bima dan Raden Ahmad dari mendapat pekenan dari Sultan Brunei ada peristiwa yang berlaku pada Raden Ahmad kerana Beliau ada dikaitkan dengan silsilah keturunan saye,harap dapat bantu.Sekian tkasih.
Abang Zamsuri Abang mohd Suhaili,Kuching Sarawak

BERT972 Minggu, Juli 04, 2010 5:54:00 PM  

MESTINYA ANDA MENINGGALKAN ALAMAT EMAIL ATAU SITUS ANDA...
KALAU MASALAH SILSILAH SAMBAS BISA ANDA CARI DENGAN MENGKLIK LABEL SAMBAS/SEJARAH SAMBAS...SEMUA TULISAN TENTANG HAL ITU AKAN TERBUKA DIKOMPUTER ANDA

Posting Komentar

Pengguna anonim bebas berkomentar,tapi "Maaf" semua komentar memerlukan persetujuan untuk diterbitkan.

Pengikut

Download Ebook,Internet Mobile & Gadget

RANDOM POST

  © Blogger templates Modifikasi The Professional Gradient Template by Albert Kennedy 2010

Back to TOP