09 Juni, 2010

RUMAH WALET

rumah walet ditepi sungaiDulu sarang burung wallet/walet ada digunung dan gua-gua yang sulit untuk dijangkau,sehingga untuk mengambil sarangnya harus bekerja extra keras,tapi tentu tak masalah karena harga sarang wallet yang telah dibersihkan mencapai harga jutaan Rupiah,dan ini sebanding dengan resiko yang harus ditempuh.Karena takut wallet punah maka pemerintah melakukan perlindungan terhadap beberapa tempat populasi wallet.


Tapi sekarang beda,wallet tak ubahnya lebah,dibuatkan rumah dan dikelola sebagai usaha sampingan dan bahkan banyak yang menjadikan usaha ini sebagai penghasilan utama mereka.

Begitu mudahkah untuk menekuni usaha ini ?..
Kalau dilihat dari satu sisi kita hanya perlu membuat rumah yang didesain khusus untuk tempat wallet bersarang,membunyikan suara tiruan dengan sound system,dan menunggu burung-burung impian singgah dan bersarang ditempat yang kita buat.
Cukup mudah bukan ?...
Tapi rezeki setiap orang beda-beda,ada yang sudah berusaha maksimal,tapi hasilnya minimal bahkan nihil,alias waletnya tak kunjung datang.
Ada yang membuat rumah wallet terkesan asal-asalan,dengan ruang yang pas-pasan,diatas (tingkat dua atau tiga)tempat mereka tinggal,tapi hasilnya lumayan.

Lalu apa yang mempengaruhi polulasi wallet ..?...
Kalau didaerah Kabupaten Sambas rumah wallet sudah dibangun lebih megah dari rumah-rumah tempat tinggal,bahkan dibuat tinggi menjulang beberapa tingkat agar menarik perhatian wallet,karena kononnya wallet lebih menyukai tempat yang tinggi (seperti gunung).faktor lain yang disukai wallet adalah suhu udara yang dingin dan stabil,jadi didalam bangunan rumah wallet harus memiliki suhu dibawah 30° Celcius pada musim panas.artinya sangat sulit menyediakan tempat yang bersahabat didaerah yang bersuhu/iklim tropis seperti Kabupaten Sambas.

rumah waletTapi walau sulit tetap saja usaha rumah wallet menjadi primadona yang diimpikan,betapa tidak,jika usaha ini berhasil dan wallet –walet berdatangan untuk bersarang,itu berarti sarang uang buat anda semakin banyak.Sedangkan untuk memasarkan sarang wallet sangat mudah,sebab banyak agen-agen yang siap membeli sarang wallet yang sudah dibersihkan.
Namun sebelum memutuskan untuk menekuni usaha ini,mestinya anda sharing kepada orang orang yang lebih berpengalaman dan telah menjalankan usaha rumah wallet.

1 komentar:

h Selasa, September 04, 2012 9:04:00 PM  

Maaf...
Apakah Anda punya video atau buku atau alat-alat seputar budidaya sarang walet?
Kalau ada tolong hubungi saya di http://pusatwalet.blogspot.com

Posting Komentar

Pengguna anonim bebas berkomentar,tapi "Maaf" semua komentar memerlukan persetujuan untuk diterbitkan.

Pengikut

Download Ebook,Internet Mobile & Gadget

RANDOM POST

  © Blogger templates Modifikasi The Professional Gradient Template by Albert Kennedy 2010

Back to TOP