30 Juni, 2009

TEMPAT MENDAFTARKAN BLOG

Untuk anda yang ingin blognya cepat dapat pengunjung dan selalu mendapat tempat dihalaman pertama search enggine,sekaranglah saatnya.
Merasa Kesulitan Untuk mempromosikan blog dan kesulitan mencari Blog directory untuk mengirim posting anda keberbagai search enggine (mesin pencari),itulah yang dulu saya alami,tapi itu tidak akan terjadi kepada teman teman blogger yang mau mengikuti langkah kecil ini,karena Saya telah melakukanya dan terbukti,pengunjung blog Saya walaupun belum sesak,tapi sudah bertambah tiga kali lipat dari biasanya,dan Page Rank Blog Saya di Om Google yang semula diperingkat (1) ,kini naik dua level menjadi Rank (3),hanya dalam sepuluh hari,..dan naik 500 tingkat di Blogtoplist dalam waktu tidak sampai satu minggu.


Kalau anda ingin page rank anda naik,dan bertambah pengunjung tentunya,daftarkanlah Blog/situs kesayangan anda kedirectory dibawah ini,tapi harus bersabar,dan saya sarankan pilihlah yang Free saja,berikut adalah Directory tempat anda dapat mendaftarkan Blog/situs :
Ini adalah Blog directory (yang page rank mereka berada di page rank 1 ) tempat anda menitipkan link blog anda buat dipromosikan keberbagai search enggine...
Page Rank 1
http://www.wholeweb.net/
http://www.webmastercooler.com/
http://www.webgirldirectory.com/
http://www.virtuallyfreeyellowpages.com/
http://www.usefulreference.com/
http://www.thebighub.com/
http://www.synergyslist.com/
http://www.simplesearching.com/
http://www.searchit.com/
http://www.links.atlantaaz.com/
http://www.inetdirectory.info/
http://www.hotsitesdirectory.com/
http://www.gptdirectory.com/
http://www.fox-valley.net/
http://www.findwhatwhere.info/
http://www.ffahoo.com/
http://www.egdcltd.com/
http://www.easylockit.com/
http://www.directoryz.homestead.com/
http://www.directoryone.info/
http://www.directorychick.com/
http://www.directorybytes.com/
http://www.directorybabe.com/
http://www.directory.ooen.net/
http://www.directory.kalius.net/
http://www.dir.indiamart.com/
http://www.demottedirectory.com/
http://www.cosmosurf.biz/
http://www.bitconnection.net/
http://www.betterindex.com/
http://www.affiliatehell.com/
http://www.adultdirectoryonline.com/
http://www.addlinksnow.com/
http://www.about2find.com/
http://www.100hot.com/

Sampai disini dulu ya,pada posting lain kali akan saya lanjutkan....


Read more...

29 Juni, 2009

SEO TOOL

Seo kontes sekarang sangat ngetrand,tapi buat Blogger Pemula (seperti Saya) tentu akan sangat kesulitan untuk bersaing,oleh karena itulah kita perlu bantuan instant,atau alat siap pakai.
Search engine atau mesin pencari sangat penting jika anda ingin website atau blog anda menjadi populer.
Memiliki website/blog dengan isi yang bagus tentu tidak cukup, kita harus mengoptimalkan website/blog tersebut agar mudah ditemukan orang. Hampir semua orang menggunakan mesin pencari seperti google,Yahoo,Msn untuk menemukan apa yang bisa mereka cari dan temukan.
Berikut Alat-alat Web yang bisa kita gunakan untuk keperluan SEO kontes...


1. SEO Tools
http://www.seochat.com/seo-tools/
Disini bisa anda temukan daftar tool-tool web yang bisa membantu anda dalam usaha anda mengoptimisasi blog atau website anda untuk mesin pencari. Beberapa tool diantaranya adalah Keyword Optimizer, Meta Analyzer, Robots.txt Generator dan banyak lagi.

2. WebCEO
http://www.webceo.com/index.htm?source=adwords&kwd=seo+tools
Software gratis untuk SEO ini memberikan anda bantuan untuk mengoptimisasi situs anda secara total, mempromosikan situs anda, menganalisis situs anda dan mengurus situs anda.

3. SEO Quake
http://ff.seoquake.com/?sln=en
Toolbar untuk firefox ini dapat membantu anda untuk menampilkan jumlah ekstensif hasil pencarian dari parameter search engine.

4. SEO Company
http://www.seocompany.ca/tool/seo-tools
Disini anda bisa temukan 136 direktori alat-alat web untuk SEO dari banyak provider. Anda hampir bisa menemukan segalanya tentang SEO disini.

5. SEOmoz
http://www.seomoz.org/tools
Disini anda bisa menemukan alat-alat bantuan gratis untuk mengoptimisasi website anda. Anda dapat menemukan bantuan untuk mengecek backlink, kata kunci populer dan banyak lagi.

6. WebConfs
http://www.webconfs.com
Disini anda bisa menemukan tool-tool gratis seperti Domain Suggestion Tool, Reciprical Link Checker, Similar Page checker dan banyak lagi.

7. iWebTools
http://www.iwebtool.com/tools
Disini anda bisa menemukan daftar tool-tool gratis dan sumber-sumber untuk anda gunakan untuk mengoptimisasi website anda. Beberapa tool diantaranya adalah spider simulator, website speed test, keyword density checker dan banyak lagi.

8. RankQuest
http://www.rankquest.com/download-toolbar.html
Toolbar SEO gratis ini memberikan lebih dari 30 tool dalam satu tempat, toolbar ini tersedia untuk internet explorer dan firefox. Anda bisa mengakses validasi, meta, popularitas website dan banyak lagi.

9. Webmaster Toolkit
http://www.webmaster-toolkit.com
Database tool-tool ini sangat besar dan juga menyediakan sumber-sumber bantuan untuk desainer web. Anda dapat menemukan tool-tool untuk SEO, domain, html dan direktori link-link ke situs lain yang akan membantu anda untuk membangun situs/blog anda.

10. SEOpen
http://seopen.com/index.php
Disini anda dapat menemukan tool-tool dan sumber-sumber yang telah diseleksi dengan baik untuk mengoptimisasi situs anda. Situs ini juga mempunyai ekstensi untuk firefox dan tool-tool lain tersedia untuk download gratis, termasuk juga SEO news...

Nah tentunya anda patut mencoba berbagai tool yang telah disediakan dialamat diatas,tinggal klik saja link tersebut atau kalau Link (yang saya buat) tidak bekerja ...tinggal Copy paste saja alamat diatas dan taruh dibrowser anda...dan bersiap siaplah dengan ramainya pengunjung yang akan datang ke Blog/situs kesayangan anda.


Read more...

28 Juni, 2009

DAUD CINO YORDAN VS ROBERT ALLANIC

West Borneo WBO Title Fight 2009 yang digelar di Gelora Pangsuma Pontianak 27 Juni 2009,disiarkan langsung oleh stasiun Televisi Indosiar dengan sponsor utama Gudang Garam Merah,pertunjukan yang sudah lama ditunggu tunggu oleh masyarakat Kalbar dan Indonesia tentunya,karena petinju berbakat DAUD CINO YORDAN peringkat pertama WBO ORIENTAL dari Sasana Tinju Kayong Utara bertanding mempertajam rekornya yang tak terkalahkan dari 25 kali bertanding dan 18 kali dimenangkan dengan KO/TKO.


Inilah satu satunya petinju muda yang kita harapkan bisa meneruskan kejayaan CRISJHON yang bisa meraih gelar juara dunia.
Dalam pertandingan semalam panitia penyelengara melaksanakan acara pembukaan dengan pagelaran seni Khas Kalimantan Barat,berbagai atraksi kesenian dipertontonkan,termasuk Tarian Zapin Melayu yang menjadi ciri khas negeri negeri Melayu di Kalimantan Barat.

Dipertandingan yang direncanakan akan diselenggarakan sebanyak 12 ronde,kedua petinju langsung Fight dironde ronde awal...Robert Allanic memberikan kejutan kepada Daud dengan pukulan pukulan yang tampak begitu keras,namun pertahanan dauble kapper Daud Cino Yordan masih mampu membentengi dirinya dari serangan tersebut.
Sejak Ronde pertama Daud Cino Yordan tak kalah tangkasnya,jab dan pukulan pukulan lurus yang dilepaskan beberapa kali bersarang dimuka Robert Allanic,memasuki ronde ketiga petinju dari Philipina itu harus terduduk dikanvas karena kerasnya pukulan Daud Cino Yordan,dan Allanic mendapat hitungan dari wasit,namun ia masih mampu untuk bangkit dan meneruskan pertandingan...Begitu pertarungan dilanjutkan Daud Cino Yordan langsung fight dan tak memberikan kesenpatan buat Allanic untuk menarik napas,dan akhirnya satu pukulan keras tangan kiri Daud menghantam rusuk kanan Allanic dan membuatnya terjatuh sekali lagi di kanvas,saat mendapatkan hitungan kesepuluh Robert Allanic dari Philipina masih tak dapat untuk berdiri dan pemimpin pertandingan menyatakan Daud Cino Yordan menang dengan TKO.
Dengan hasil ini Daud mempertajam rekor pertandingannya dengan 26 kali bertanding tanpa kalah,19 kali dimenangkan dengan KO/TKO.

Kesuksesan Daud tidak diikuti oleh adiknya Yohanes yang terjun dikelas 57,1 kg menghadapi petinju Philifina Ricky Sismundo,dalam laga ini Yohanes exocet Yordan harus menyerah dengan Tko pada ronde kedua....


Read more...

27 Juni, 2009

HIASI BLOG DENGAN 10 WIDGET PILIHAN

Maksud dari pemasangan Widget adalah sebagai sebuah tool (alat yang berguna) dalam memaksimalkan kinerja blog/situs Anda.,sebagai hiasan,atau dipasang dengan maksud tertentu...Sebenarnaya Widget sendiri merupakan sebuah elemen yang berguna dan mudah digunakan baik yang telah disediakan oleh penyedia layanan blog/situs yang Anda gunakan maupun berasal dari third party atau pihak ketiga...


Untuk memasang widget pada blog/situs anda biasanya kita harus mendaftar terlebih dahulu dan ada yang bisa anda dapatkan tanpa harus mendaftar,cukup mengcopy scrib yang disediakan dan dipaste pada side bar atau pada element halaman yang lain,sesuai keinginan anda.
Dibawah saya sediakan apa saja fungsi Widget beserta linknya,sehingga anda bisa langsung memasang widget tersebut untuk Blog /situs anda,tapi pilihlah yang anda perlukan saja,karena jika terlalu berlebihan akan memperlambat waktu loading sebuah situs. Baca posting saya sebelumnya tentang cara mempercepat loading situs/blog.
1.Mashable - Widget ini menyediakan semacam newsreel (headline news) dalam element blogger yang memberikan cuplikan berita/postingan dari sosial networking. Bedanya ada pilihan warna untuk disesuaikan dengan layout blog Anda.
2.Headline news - widget ini pun menampilkan cuplikan headline berita dari situs-situs di seluruh penjuru dunia.

3. Myblogblog’s recent reader - Widget ini memperlihatkan avatar dari para pengunjung blog Anda. yang Anda perlukan untuk mendapat widget ini adalah mempunyai account yahoo.
4. Flickr Flash Fhoto Stream Badge - Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr Anda secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini Anda memerlukan account yahoo seperti pada widget MyBlogLog di atas.
5. Dig news - Widget ini manampilkan Link terakhir yang masuk ke Digg sebuah social bookmarking yang sudah populer,theme dan warnanya mudah untuk Anda atur agar sesuai dengan template blog Anda.
6. Preview Anywhare - sudah cukup terkenal juga nama snapshots bagi pengguna blogger bahkan untuk wordpress widget ini menjadi rekomendasi khusus dalam dashbord admin penggunanya. Fungsinya untuk melihat preview link keluar dengan tampilan popup yang tidak terlalu besar ketika pengunjung mengarahkan mouse pada teks atau banner yang “mengandung” link.
7. Twitter badget – Widget ini menampilkan cuplikan kalimat-kalimat pendek *satu paragraf misalnya* (140 karakter) Anda sedang melakukan kegiatan ini, Anda sedang berada dimana, Anda sedang bersama siapa. Widget ini cocok untuk dipasang pada blog Anda. Daripada bikin sendiri element blogger/wordpress *secara manual* menuliskan teks sebagai pesan kepada pengunjung Blog Anda bahwa Anda sedang ini-itu.
8.Feedjit- Widget ini paling populer diantara widget lainnya,karena menampilkan traffic pada blog Anda. Ada empat pilihan widget Feedjit yang bisa Anda gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.,tapi kalau ngak salah sekarang Fedjet udah berbayar.coba dulu dech.
9. Mypage rank - kalau widget ini untuk menunjukkan betapa hebat dan bermanfaatnya blog Anda dengan menampilkan Ranking Google atau Google PageRank (PR). Penilaian PR google ini rangking 1 sampe 10, PR yang baik menurut google itu yang lebih besar alias 10, kalo baru satu berarti anda harus terus mempromosikan blog Anda.
10. Technorati - Widget ini adalah diantara yang paling populer dikalangan para pecinta Blog/situs,anda bisa mendaftarkan situs anda disini,karena Technorati adalah directory gratisan yang akan mempopulerkan situs anda diberbagai search enggine(mesin pencari).


Read more...

26 Juni, 2009

HARI ULANG TAHUN PUTRIKU YANG KE 5

Lahir pada tanggal 26 Juni 2004 di RSUD Pemangkat,tak terasa hari ini putri kecilku telah genap berumur 5 tahun,berikut adalah potret saat saat bahagia bagi sikecil yang sedang berulang tahun,sengaja saya Posting disaat dia sedang bahagia,dengan harapan teman teman blogger yang udah punya buah hati tidak lupa dengan hari ulang tahun permata kesayanganya...

Ini potret Alda bersama Ayah





Kalau yang dibawah Fhoto Alda dengan Abangnya Rian (11 tahun)


Nah kue ini buat teman teman yang datang berkunjung,silakan di nikmati ya..!...



Read more...

CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG DENGAN CSS DRIVE

Ini adalah kelanjutan tulisan saya kemarin tentang cara mempercepat loading blog,karena loading blog yang lambat akan membuat pengunjung bosan dan ogah untuk datang kembali... Dibawah ini saya akan akan berbagi tips untuk mempercepat loading blog dengan cara mengkompres kode CSS blog kesayangan anda.


Loading blog yang cepat biasanya membuat visitor betah dan akan membaca postingan anda sepenuhnya serta akan mencoba membuka-buka berbagai artikel yang ada dalam blog tersebut. Sebagai contoh bila anda menemukan suatu situs dari search engine, lalu saat anda masuk ke situs tersebut loadingnya terasa lambat sekali, pasti tidak lama anda akan langsung putar haluan dan ogah melirik halaman yang lain.. ya, kan? …langkah ini saya dapatkan dari mas dhani'S.

Teknik kompresi pada CSS dapat meningkatkan kinerja loading halaman blog Anda. Dalam arti di sini adalah tidak jadi super cepat, tapi cenderung ke arah optimalisasi CSS. Anggap saja di sini semua kecepatan koneksi kita sama yah...

Langsung saja ambil langkah-langkahnya sebagai berikut :

Silakan buka situs ini,dan ikuti petunjuk dibawah langkah demi langkah.

Situs di atas merupakan layanan gratis dari CSS Drive - CSS Compressor yang biasanya digunakan untuk tujuan mengkompres CSS.

Saya sarankan untuk Blogger pemula yang masih awam di bidang CSS, jangan mencoba mode Super Compact dan Strip any comments..

# -Gunakan saja mode Light dan don't strip any comments terlebih dahulu. Untuk level kompresi yang lebih tinggi itu dapat dicoba pada tingkat kompresi pilihan Advanced mode tapi untuk langkah awal gunakan saja dulu mode Light.

# -Selain fungsi kompres mode, kita juga mengenal Uncompress. Biasanya digunakan untuk memulihkan kode yang sudah di kompress .tapi CSS Drive sayangnya tidak memiliki fungsi ini, jadi saya sarankan anda untuk memback-up dulu template blog anda sebelum melakukan kompresi.

# -Masuk ke blogger.com -> Tata Letak -> Edit HTML,cari kode CSS yang biasanya terletak di antara kode <b:skin><![CDATA[ ---------------- dan --------------- ]]></b:skin> silahkan Copy dan Paste pada kolom Insert CSS code di CSSDrive lalu klik tombol Compress-it!..(pastenya dihalaman compress /situs yang anda pilih diatas).

# -Di CSS Drive akan muncul hasil CSS yang di kompres, silahkan Copy dan ganti kode CSS di Blogger dengan kode baru ini dengan cara Paste overwrite/replace.(letakkan ditempat semula)

# -Setelah itu tekan Save Template… Selesai…

Jika anda tertarik ingin mempercepat loading blog/situs anda,langkah ini patut untuk dicoba…semoga sukses…!...


Read more...

25 Juni, 2009

CARA MEMBUAT LOADING SITUS TERCEPAT

Setelah banyak artikael yang membahas tentang Seo Kontes Dan Cara Menghiasi Blog atau Situs sekarang yang jadi masalah para master adalah kecepatan loading suatu situs.karena semakin banyak modifikasi dan memasang widget untuk mempercantik Blog dan situs akan berdampak pada waktu loading yang terasa lambat bahklan lelet banget.


Sebagian master memilih kualitas Posting dan mengutamakan seo kontes dibanding harus menghiasi halaman Blog /situs mereka...tapi tak jarang banyak yang tetap memaksakan berseo kontes dengan loading situs yang lambat minta ampun,karena terlalu banyak widget dan modifikasi yang sebenarnya tidak terlalu perlu.

Nah bagi para pemula Saya ingin berbagi beberapa cara untuk membuat loading situs menjadi cepat tanpa harus melupakan sisi keindahanya (untuk yang suka dekorasi).

Cara pertama adalah pemilihan Template,pilihlah beberapa template yang anda sukai dan uji disitus atau blog anda tanpa harus menyertakan widget (saya sarankan untuk membuat sebuah blog baru) yang khusus untuk percobaan ini,karena para master seo juga melakukan hal tersebut.ambillah template yang paling cepat waktu loadingnya....sebagai saran, sebaiknya memilih template yang masih belum diedit atau Template asli Blogger,..biasanya yang dua kolom lebih cepat loadingnya daripada yang tiga kolom atau empat kolom...

Cara Kedua kalau ingin mengedit template usahakan menggunakan kode Html,karena kode Css biasanya lebih rumit dibandingkan dari html.tapi kalau anda sudah fasih dengan Css atau Java scrib itu tak masalah...perbedaan html dengan css adalah,kata perintah dari css lebih ringkas dibanding html.tapi menurut pengalaman yang saya coba,Template yang banyak mengandung Css kurang efisien untuk berseo kontes (ini mungkin karena Saya tak bisa menemukan formula yang sesuai).

Cara Ketiga adalah pemasangan widget,ini adalah yang paling menentukan,karena widget tertentu ada yang membuat loading situs menjadi lambat,widget yang terkesan berat adalah Flag counter,google translate,dan beberapa iklan akan membuat browser anda semakin berat mengakses suatu situs,oleh karena itu,pasanglah iklan yang tidak terlalu panjang atau banernya terlalu besar...pemasangan widget yang menampilkan pengikut Blog “follow” adalah sesuatu yang perlu anda perhitungkan kembali kalau anda ingin lebih mempercepat loading halaman situs/blog anda.karena widget tersebut terhitung berat bagi pengguna dial up/internet dengan koneksi lambat.

Cara keempat adalah membatasi pemasangan image (gambar) pada side bar atau Postingan....kalaupun harus dipasangi gambar,perkecillah ukuran gambar dengan cara di compres,dan buat dalam format jpeg...tampilan musik dan tampilan Slide gambar akan semakin memperlambat loading halaman situs,dan ini akan membuat pengguna internet dengan koneksi dial up yang berkecepatan lambat akan malas untuk berkunjung kesitus kita.

Nah,yang diatas adalah cara cara dasar yang bisa jadi pertimbangan bagi para pemula untuk membuat loading blog/situs mereka menjadi lebih ringan dan cepat,sebenarnya ada beberapa trik lagi,namun menurut saya akan terlalu membingungkan untuk seorang pemula,jadi sekian dulu ya,silakan pilih antara situs yang indah atau punya kecepatan loading super cepat,atau anda ingin kedua duanya..?...

Pada postingan lain saya akan menambahkan beberapa trik ampuh agar loading blog/situs menjadi super cepat...itupun kalau anda mau menerapkanya,karena jujur saja,sebenarnya saya lebih senang untuk ber Seo kontes...he..he..he...


Read more...

24 Juni, 2009

CARA MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG

Sebenarnya judul diatas terlalu keren buat ukuran NewBie seperti saya (ijin senior), tapi gak ada salahnya buat berbagi Informasi, Cerita dan pengalaman kepada para sahabat…(khususnya yang baru mulai dan baru belajar). dan ini adalah murni pengalaman saya. Kalau sebelumnya saya sudah menulis tentang kode warna,sekarang saya mencoba berbagi pengalaman kepada sahabat tentang bagaimana meningkatkan traffic ke blog atau situs kita.


Tapi posting ini sebenarnya copy paste dari posting rekan lain"GOCENG"
Saat ini saya sedang mencoba dengan cara blogwalking plus walaupun belum 100% dilaksanakan akan tetapi hasilnya cukup lumayan bagi seorang yang baru belajar ngeblog seperti saya. Kenapa saya katakan blogwalking plus? Karena ini adalah teknik yang paling sederhana tapi bernilai plus. Kita hanya cukup blogwalking dari satu blog ke blog yang lain sambil meninggalkan meninggalkan jejak dengan cara berkomentar dipostingan yang terdapat pada blog yang kita kunjungi ataupun memberikan salam kepada pemilik lewat pada Shoutbox yang telah tersedia. Cara ini belum berhenti disini, masih ada kelanjutannya. Setiap singgah di suatu blog yang ada Shoutbox-nya, langsung kita link daftar pengunjung yang ada di dalam Shoutbox tersebut dan lakukan hal sama terus menerus. Bisa sahabat bayangkan kita kunjungi 1 blog terus link ke 10 blog terus masing-masing dari 10 blog tersebut juga kita lakukan hal yang sama….berapa banyak traffic yang akan kita peroleh?

Ada cara lain untuk meningkatkan traffic, yaitu yang dikenal dengan cara atau teknik SEO. Kalau urusan yang satu ini saya juga masih belajar dari sang master SEO,dan masih sedikit yang saya pelajari. Maklumlah seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa saya masing Newbie dalam dunia Blogging. Kembali ke masalah SEO, agar sahabat dapat lebih dekat dan fokus belajarnya langsung SURVEI DI "OM GOOGLE" guna mempelajari gimana mendapatkan ribuan pengunjung perhari, Seo untuk Blogspot, trus...banyak dech dijamin TOP

Tambahan :
1. Buatlah konten yang semenarik mungkin karena jika konten anda bagus dengan cara blogwalking plus ini bisa membuat pengunjung hasil blogwalking anda kembali lagi untuk mencari informasi terbaru dari blog anda. Sedangkan jika konten anda asal-asalan, tentu kemungkinannya cuma sekali itu aja datang, dan anda perlu melakukan blogwalking lagi untuk mendapatkan pengunjung.

2. Sebagus apapun kualitas anda menulis konten, jika tak banyak yang cari , tentunya tidak akan mendatangkan pengunjung dari search engine.

Read more...

23 Juni, 2009

KODE WARNA,NAMA WARNA,CONTOH WARNA

Kalau kita ingin merubah tampilan pada halaman Blog atau situs,maka mutlak harus mengetahui kode warna atau lebih sempurna kalau tahu nama warna tersebut,untuk mempermudah hal tersebut maka saya sediakan Nama warna dan kode kode warna lengkap dengan contoh warnanya,agar bisa mempermudah teman teman Blogger pemula dalam menghias halaman situs mereka dengan warna warni yang sesuai dengan selera mereka,anda hanya perlu menyimpan kode ini diDokumen anda tanpa harus menghafalkanya…




Read more...

22 Juni, 2009

JUARA DJARUM INDONESIA OPEN SUPER SERIES 2009


Usai sudah pagelaran turnamen Bulutangkis bergengsi Djarum Indonesia Open Super Series 2009,cucuran keringat para punggawa tanah air berakhir sudah dan hasil akhir tak seperti yang kita harapkan,karena tidak satupun gelar yang diharapkan dapat diraih…


Ditunggal Putra Sang Mega Bintang Taufik Hidayat harus mengakui ketangkasan pemain asal Malaysia Lee Chong Wei yang lebih muda dan saat ini dalam kondisi puncak (Peringkat satu dunia),Taufik kalah 21-9 dan 21-14.

Diganda campuran pasangan China Zheng Bao / Ma jin mengkandaskan harapan pebulutangkis asal Korea Selatan Lee Young Dae/Lee Hyun Jun 21-17/8-21/21-16…Namun Lee Young Dae yang juga turun di ganda putra membalas kekecewaannya,bersama pasangannya ia mengalahkan pemain China Chai yun/Fu Hai Feng 21-13 dan 21-17.

Sementara Ganda putri ,pasangan dari Malaysia Chin Ei Hui/Wong Fee Tie berhasil memenangkan pertandingan setelah memupuskan haraqpan ganda putri China Zhau Yun Lee/Cheng Shu dengan skor 21-16 dan 21-16.

SAINA NEHWAL BINTANG BARU BULUTANGKIS PUTRI DUNIA


Kejutan terjadi ditunggal putri,pebulutangkis muda asal India “Nehwal Saina” (19 th) yang merupakan anak didik Adik Jauhari (pelatih asal Indonesia) berhasil mengulung harapan pemain China Wang Lin (20 th) dengan pertarungan tiga set.,pada set pertama Nehwal Saina tak dapat mengembangkan permainan dan kalah mudah 12-21…Pada set kedua Nehwal Saina menemukan irama permainanya dan berhasil menyamakan kedudukan dengan skor 21-18,dan ketika memasuki set ketiga Nehwal Saina benar benar menunjukan permainanya sebagai seorang bintang,ia berhasil memenangkan permainan sekaligus merebut tahta bergengsi Juara Tunggal Putri Djarum Indonesia Open Super Series 2009 dengan skor 21-9.
Tampaknya pemain muda asal India ini bakal menjadi pesaing utama dari pebulutangkis pebulutangkis asal China ditahun tahun mendatang,tahun lalu ia juga meraih gelar Juara Dunia Junior 2008…kita sangat berharap akan ada bintang bintang baru asal Indonesia yang dapat berprestasi seperti Nehwal Saina….



Read more...

21 Juni, 2009

FINAL DJARUM INDONESIA OPEN SUPER SERIES 2009

Seperti yang telah diramalkan sebelumnya,Sang Mega Bintang ”Taufik Hidayat” dapat mengatasi Sony Dwi Kuncoro dalam semifinal Djarum Indonesia Open Super Series 2009,walau dari peringkat

saat ini peringkat Sony lebih Baik (4) dunia sedangkan Taufik (5) dunia.
Dalam pertandingan ini Taufik Hidayat tak memberikan kesempatan kepada sony untuk mengembangkan permainan,smash smash keras selalu dilakukan Taufik hingga membuat lawanya begitu kerepotan.

Di sector ganda campuran pasangan Korea Selatan Lee young dae/Lee Young jun melangkah ke Final setelah mengalahkan pasangan dari Denmark Cristina Pedersen/Nielsen Fischer.

Sementara di sector Ganda putra pasangan dari China Chai Yun/Fu Hai Feng berhasil mengalahkan pasangan dari Malaysia yang merupakan anak didik Rexy Mainaky yaitu Koo Keng Kiat/Tan Boon Hong dalam pertarungan tiga set… Di Final mereka akan ditantang pasangan Korea Selatan Lee Young Dae/Lee Young Jun.

Diganda Putra yang lain Markis Kido/Hendra Setiawan berhadapan dengan pasangan dari Korea selatan Lee young Dae/Jun Jai Sung untuk memperebutkan satu tiket kepartai Final…Dalam pertandingan ini tampak pasangan dari Korea menghujani pasangan Markis/Hendra dengan smash smash keras,dan pasangan berperingkat satu dunia ini harus merelakan set pertama untuk pasangan Korea dengan skor 21-19.
Pada set kedua pasangan Hendra/Markis berusaha untuk menyamakan kedudukan,tapi kebalnya pertahanan pasangan Korea Selatan membuat pasangan Markis /Hendra harus mengakui keunggulan lawan dengan dua set langsung 21-19 dan 21-17.

Ditunggal purta yang lain Lee Chong Wee asal Malaysia yang saat ini berperingkat satu dunia dapat mengatasi perlawanan pemain China yaitu Chen Jin dengan dua set langsung 21-15/22-20.dipartai Final (Minggu 21 Juni 2009) Lee Chong Wee akan berhadapan dengan Taufik Hidayat.
Stasiun Tv Trans7 akan menyiarkan secara langsung partai final Djarum Indonesia Open Super Series 2009 mulai pukul 13.00 Wib.



Read more...

20 Juni, 2009

TAUFIK HIDAYAT THE SUPER STAR WORLD BADMINGTON

Menyaksikan pertarungan klasik Taufik Hidayat (Indonesia) melawan Peter Gade (Denmark) di turnamen Djarum Indonesia Open Super Series 2009 sungguh mendebarkan,duel ini yang merupakan pertemuan dua nama besar yang telah malang melintang di arena Bulutangkis dunia.

Pada set pertama Taufik Hidayat dengan ketenanganya dapat mengatasi Peter Gade,walau harus menguras keringat lebih,nampaknya Taufik benar benar dapat menguasai peretandingan,tapi

pada set yang kedua Taufik Hidayat kehilanngan irama permainan,sementara Peter Gade tampil dengan penuh percaya diri,walau harus menghadapi teriakan ribuan supporter yang tak lain adalah pendukung dari Taufik Hidayat (Indonesia).

Dalam pertarungan ini tampak segala kreasi seniman lapangan “Taufik Hidayat” dikeluarkan,karena ini adalah partai harapan Indonesia untuk meraih gelar ditanah air sendiri,setelah nomor ganda putra,karena pada nomor nompor lain Pebulutangkis Indonesia sudah berguguran,bahkan pasangan Ganda campuran Nova Widianto/Lyliana Natsir yang diharapkan dapat melaju terus,harus menyerah dari pasangan China.

Memang Taufik Hidayat adalah Mega Bintang Badmington dunia,sejak usianya 18 tahun ia telah mengoleksi gelar demi gelar,dan hampir semua Turnamen besar pernah dijuarainya,sebut saja,SEA GAMES,ASIAN GAMES,OLYMPIADE ,KEJUARAAN DUNIA…Selain Itu Taufik Hidayat banyak memenangi kejuaraan terbuka,dan yang paling sering ia menangi adalah “Indonesia Open”,yang sekarang disebut (Djarum Indonesia Open Super Series) sebanyak enam kali berturut turut yaitu dari tahun 2001-2006…

JIka tahun ini Taufik Hidayat bisa memenangi Djarum Indonesia Open Super Series 2009,maka ia adalah orang pertama yang menjuarai turnamen ini sebanyak Tujuh kali,karena sekarang ia dan Ardi B Wiranata memegang rekor gelar terbanyak pada Djarum Indonesia Open Super Series sebanyak enam kali.

Pertandingan yang Siarankan langsung oleh stasiun TV Trans7,semalam sungguh mendebarkan,karena pada set ketiga salin kejar mengejar angka,bahkan sempat terjadi duce pada angka 20-20,tapi lagi lagi “TAUFIK HIDAYAT THE SUPER STAR WORLD BADMINGTON” menunjukan ketenangan dan kematanganya,dengan mental juara yang masih ia miliki Taufik Hidayat berhasil menutup set ini dengan kemenangan manis 22-20,sebuah kemenangan yang selalu dielu elukan oleh Bangsa Indonesia,walau sekarang Taufik telah beralih ke status professional dan bukan lagi pemain Pelatnas,tapi tetap saja penampilan Taufik Hidayat menjadi partai utama yang selalu ditunggu oleh pecinta Badmington Dunia.

Jangan lupa untuk menyaksikan pertandingan semi final sesama pemain Indonesia Taufik HIdayat Vs Sony Dwi Kuncoro sore ini mulai pukul 17.00 Wib di Trans7…



Read more...

19 Juni, 2009

DJARUM INDONESIA OPEN SUPER SERIES 2009

Menyaksikan atlit atlit Bulutangkis Indonesia bertarung di turnamen Djarum Indonesia Open Super Series 2009 cukup menegangkan ,walaupun baru memasuki babak awal,namun sudah terasa panas persaingan yang begitu ketat dari pabulum tangkis luar negeri.
Sore kemarin (Kamis 18 Juni 2009) atlit atlit andalan Indonesia masih cukup tangguh,sebut saja Taufik Hidayat,meski harus bertarung tiga set melawan P Ponsana dari Thailand atau Sony Dwi Kuncoro yang menang dengan dua set langsung .
Disektor Ganda


pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan juga harus bermain tiga set melawan mantan Pebulutangkis Pelatnas yang sekarang bermain untuk Singapura yaitu Hendra Setiawan / Hendri,dalam pertarungan tersebut pasangan ganda Indonesia tampak cukup kuwalahan meladeni rekan mereka yang dulunya sesama bernaung di Cipayung.

Diganda campuran pasangan Nova Widianto/Liliana Natsir juga masih belum terbendung,dan masih cukup tangguh untuk memburu gelar Djarum Indonesia Open Super Series 2009.

Menurut jadwal,hari ini akan dipertandingkan babak perempat final,bagi para pecinta olah raga Bulutangkis dapat menyaksikan siaran langsung melalui Trans TV7 ,yang akan menayangkan pertandingan Djarum Indonesia Open Super Series 2009 pada pukul 17.00 Wib,Siaran langsung ini juga akan disiarkan pada hari Sabtu dan Minggu(20 dan 21/06/2009),yaitu pertandingan babak semi final dan final.





Read more...

17 Juni, 2009

TEMPLATE BLOGGER YANG SEO FRIENDLY

Setelah beberapa waktu ganti template ternyata hasil yang di capai tak maksimal ,itulah yang saya alami,karena semakin banyak diutak atik ternyata semakin mermbuat template tak bersahabat alias ramah alias tidak seo friendly.
Akibat dari hal diatas menjadikan page rank posting di search engine


ikut melorot,walau masih banyak yang di page one,tapi urutanya udah jauh dibawah dari biasanya…untuk memulihkan hal ini sebenarnya tak sulit,cukup kembali ke template yang awal biasanya page rank di search engine akan kembali pulih, tentunya dengan menembak beberapa kata kundi dasar…

Tapi langkah tersebut diatas kurang menantang bagi seorang blogger ,terutama saya yang memang suka coba coba,..nah ,makanya langkah yang saya ambil adalah merubah kembali template dasar yang katanya seo friendly,cukup dengan sedikit membajak dan kita lihat saja nanti hasilnya..bila nantinya kurang greget,maka saya akan menambahkan jurus jurus cadangan yang sudah diajarkan para master seo kepada saya,nah kalau anda tertarik ingin belajar,langsung saja survey di om Google dan segera warisi jurtus jurus dahsyat para master seo,tapi ingat kreativitas adalah segala galanya,karena dalam ber Seo kontes anda harus punya jurus jitu yang hanya akan anda keluarkan disaat saat kritis..he..he..he…
Dan pastikan jurus tersebut adalah jurus sederhana yang tak terbaca oleh kolektor seo,…tapi tentunya itu mustahil bagi orang orang yang memang suka ngobrak ngabrik template orag lain.karena kontes Seo punya daya terik yang kuat,maka bongkar dan obrak abrik template tentu tetap jadi pilihan yang terbaik..


Read more...

16 Juni, 2009

EBOOK TENTANG SEJARAH SAMBAS

Setengah harian membolak balik halaman disearch engine google berharap bisa menemukan sebuah saja ebook tentang sejarah Sambas,nampaknya itu hanyalah mimpi,karena setelah kelelahan Saya sama sekali tak menemukan yang dicari,itulah yang dulu saya rasakan...

Saya menggumam dalam hati begitu sulitkah untuk menemukan ebook tentang Sejarah Kerajaan atau Kesultanan Sambas..?...ternyata bukan hanya susah tetapi memang tidak ada ebook tersebut,dari kejadian tersebutlahlah Saya mengambil inisiatif untuk membuat sebuah Blog yang menulis tentang “Kerajaan Sambas,Kesultanan Sambas,Kabupaten Sambas,Sejarah Sambas”,ataupun tentang apapun yang ada kaitanya dengan “Sambas”secara lebih mendetil.

Memang telah ada situs milik Pemda “www.Sambas.go.id”,namun menurut Saya situs ini jarang diupdate,dan tak tuntas mengupas tentang Sambas,karena itulah perlu ada situs situs lain tentang Sambas untuk melengkapi ,tapi setidaknya situs milik Pemda ini sering jadi tempat mencari sumber tulisan buat Saya menulis posting keBlog ini “Http://bert972.blogspot.com”

Besar harapan Saya Situs/Blog Sambas ini (FREE,SAMBAS ARSIF,FHOTO,FILM ASYIK,PUISI,CERITA,CARA CARA,SERBA SERBI,SEMUA ADA DISINI)

bisa memberikan akses kepada anak anak Sambas/Blogger Sambas tentang “Sambas Terigas” yang sekarang mejadi tempat mereka berpijak...Saya juga sangat ingin mereka tahu tentang Sejarah dan kejayaan Negeri Sambas dimasa lalu,agar tumbuh semangat kecintaan mereka terhadap Kabupaten Sambas Bumi Serambi Mekah.

DiBlog Saya ini juga nantinya akan bisa didownload “Ebook Sultan Sultan Sambas” dan “Ebook Sejarah Kerajaan/Kesutanan Sambas”,yang sekarang sedang Saya susun berdasarkan beberapa Sumber...Semoga nantinya apa yang Saya kerjakan ini berguna buat Anak anak Sambas/Biak biak Sambas/Blogger Sambas.

Sayajuga sangat berterima kasih kepada teman teman Blogger Sambas atau yang dari daerah lain bahkan luar negeri,yang telah banyak memberikan kritik atau saran mereka disini,dengan harapan teman teman Blogger tak menjadi jemu untuk berkomentar dan berkunjung kesitus kecil ini.

Read more...

13 Juni, 2009

BLOGGER SAMBAS

Survei tentang blogger Sambas di search enggine google cukup memberi harapan baru,karena dari hasil pencarian,saya menemukan ada beberapa Blog yang dibuat oleh anak sambas alias “Biak sambas”.

Tampaknya penetrasi Internet di kabupaten Sambas memang sudah cukup menggembirakan,ini adalah sesuatu yang menyenangkan,karena saya melihat dikota kota kecamatan telah bermunculan warnet warnet yang jadi tongkrongan Biak Sambas/Blogger Sambas...Bahkan warnet warnet yang ada selalu ramai dan tak pernah sepi dari anak anak,walaupun kebanyakan dari anak anak tersebut kewarnet biasanya ngegame,tapi setidaknya ini adalah awal yang baik,seandainya mereka bisa diarahkan untuk menjadi seorang yang hoby menulis dan membaca tentulah secara tak langsung Blogger Blogger muda dari Sambas akan terus bermunculan,dan secara tak langsung akan menyumbangkan hasil dan buah pikiran mereka untuk dunia maya.

Saya juga sangat ingin kiranya Blogger Sambas mempunyai wadah tempat berbagi dan menyatukan Visi,agar Blogger Sambas bisa mengeksplorasi kebudayaan daerah keluar dan mengembangkanya kearah yang positif.

Kiranya harus ada Web Master dari Sambas yang berkenan mengelola sebuah situs untuk tongkrongan Biak Sambas/Blogger Sambas,saya selalu berandai andai jika itu dilaksanakan maka Saya adalah orang pertama yang selalu siap untuk mensupport kegiatan tersebut...ingin rasanya mewujudkan itu,tapi mengingat minimnya sumber daya yang Saya miliki membuat Saya tak dapat mewujudkan impian tersebut.
Tapi Sampai kapanpun saya selalu berharap ada teman teman yang sudah berkemampuan Web Master bisa mewujudakan impian ini.agar nantinya Biak Sambas/Blogger Sambas punya wadah resmi didunia maya...

Read more...

12 Juni, 2009

RADEN GAYUNG GELAR SULTAN MUDA ACHMAD TAJUDDIN 1786-1793

RADEN GAYUNG GELAR SULTAN MUDA ACHMAD TAJUDDIN 1786-1793.

Raden Achmad dilahirkan pada hari senin 1 Sya’ban 1165 H bertepatan dengan tanggal 14 Juni 1752, beristerikan Syarifah Aminah binti Syarif Muhammad Alaydrus. Ia diangkat oleh ayahandanya dengan gelar Sultan muda Achmad tajuddin untuk mengendalikan pemerintahan Kesultanan Sambas. Akan tapi malang benar sultan yang masih muda ini, karena baru enam bulan saja sejak dinobatkan ia sakit keras, lalu meninggal dunia pada tahun 1793 dan di sebut Marhum Gayong.

Saudaranya bernama Raden Menteri di lahirkan pada hari Jum’at 10 Rajab 1169 H bertepatan dengan tanggal 11 April 1756, di kenal juga dengan nama Raden Janggut gelar Sultan Abu Baker Tajuddin I. Raden Pasu ( Pangeran Anom ) gelar Sultan Muhammad Ali SyafiuddinI, dilahirkan pada hari Sabtu 3 Muharram 1181 H bertepatan dengan tanggal 16 Februari 1767. Raden Samba’ gelar Sultan Usman Kamaluddin dilahirkan pada hari Kamis 2 Zulkaedah 1184 H bertepatan dengan tanggal 16 Februari 1771. Raden Semar gelar Sultan Umar Akamuddin III. Sultan Umar Akamuddin II telah turun dari tahta kesultanan dan menyerahkannya kepada puteranya Raden Gayong yang terkenal dengan nama Sultan Achmad Tajuddin. Tetapi tidak lama memerintah ia wafat pada hari Ahad, 15 Ramadhan 1207 H bertepatan dengan 23 April 1793. Oleh karena tidak mempunyai keturunan, maka tahta Kerajaan Sambas digantikan oleh adiknya Raden Menteri ( raden Janggut ) gelar Sultan Abu Bakar Tajuddin.

Read more...

10 Juni, 2009

POTRET SAMBAS


MESJID JAMI' SAMBAS


PASAR SAMBAS


MESJID AGUNG SAMBAS




KANTOR DPRD II KABUPATEN SAMBAS

BEDUK ISTANA SAMBAS

Read more...

09 Juni, 2009

RAJA TENGAH MENINGGAL DI SERAWAK

RAJA TENGAH MENINGGAL DI SERAWAK

Setelah cukup lama pengembaraannya di matan/sukadana dan di sambas, raja tengah ingin hendak kembali ke serawak, maka bermufakatlah ia suami isteri. Kepulangan raja tengah ke serawak di ceritakan oleh sultan muhammad syafiuddin ii sebagai berikut :

“Hatta pada suatu hari mufakatlah ia kedua laki isteri hendak berlayar ke Serawak kembali, lalu bermohon kepada ratu Anom Kesuma Yuda dua laki isteri sedang menyerahkan paduka Anakanda Raden Sulaiman laki isteri kepada ratu Anom Kesuma Yuda laki isteri : minta disuruh perintah diperbuat seperti saudara sendiri.
Kemudian Raja Tengah pun berlayar dari Sambas pergi ke Serawak. Setelah sampai ke Batu Buaya di kuala Serawak Raja Tengah pun turun ke sampan minta dikayuhkan kepada seorang sakai gila bertiga dengan budak membawa keris. Setelah datang ke darat ia pun bertengger di atas batu hendak buang air, maka sakai itu menikamnya dengan tempuling kena rusuk baginda. Maka baginda pun terkejut, lalu mengambil keris pada tangan budak lalu dipancungnya batang tempuling itu Sakai dan budak yang membawa keris itu di pancungnya juga. Sudah itu lalu baginda pun pulang ke perahu. Setelah petinggi dan Temenggung mendengar baginda telah di kuala itu, maka keduanya hilir menyambut baginda lalu membawanya pulang ke istana. Setelah sampai di istana, maka baginda pun mangkatlah”.

Mengenai di mana kuburan Raja Tengah ini,pernah dimuat pada harian edisi khas “The Borneo Post,” Utusan Borneo yang terbit di Kuching hari Jum’at tanggal 12 maret 1993 memberitakan:

MAKAM SULTAN SARAWAK DITEMUI

“ Kuching, sebuah makam berusia 352 tahun yang dikatakan makam Sultan pertama dan terakhir Sarawak, Sultan Tengah ibnu Sultan Muhammad Hasan di temui di Santubong, kira-kira 20 Km dari pusat Bandar Raya Kuching.Makam berkenaan terletak di tepi jalan di persimpangan jalan ke Pantai Sentubong dan Pantai Damai. Museum Serawak mendapat tahu mengenai wujud dan makam ini dari pada Pengetua Pusat Sejarah Brunei, Pehin Orang Kaya Amar Diraja Datuk Seri Utama Dr. Haji Mohd. Jamil Al Sufri, di tahun 1991, tetapi tidak pernah di hebohkan pada pihak media sebelum ini. Setelah di beritahu penemuan makam ini semalam lebih sepuluh orang pemberita dan juru gambar telah pergi ke Santubong untuk melihat makam ini.”

Didalam buku tentang Sultan Tengah tulisan Dr. Haji Modh. Jamil Al Sufri, maupun buku “Silsilah Sambas” tulisan Sultan Muhammad Syafiuddin II tidak di sebut di mana lokasi ibu Kota Serawak di masa Raja Tengah. Jika ibu kota di Kuching, kenapa jenazah Raja Tengah di makamkan di Sentubong.

Adalah suatu kehormatan tertinggi bahwa pemakaman seorang Raja haruslah pada tempat tidak jauh dari istananya, apa lagi jarak antara Sentubong dan Kuching melalui Sungai Serawak mudah dicapai. Melihat kenyataan ini kita cenderung berkesimpulan bahwa ibu kota Kerajaan Serawak dewasa ini adalah Santubong, di muara Sungai Serawak.
Di Santubong banyak terdapat peninggalan tahi besi. Menurut Tom Harrison dan S.J.O. Conor, disana pada tahun 900 sampai dengan 1350 terdapat sebuah industi logam yang sangat besar. Selain itu pada masa tersebut di Santubong juga diketemukan emas. Sebagai mana Brunei di sebut Puni oleh orang Cina dan didalam Buku “Negarakertagama” di sebut Bruneng, demikian pula Shan Hu Chung ( Santubong ) dalam bahasa Cina sama dengan Sawaku dalam Buku “Negarakertagama”, yang lama-kelamaan setelah mengalami evolusi sebutan menjadi Serawak/Sarawak.

Santubong dengan gunungnya mempunyai arti yang sangat penting, panduan bagi kapal besar yang sedang berlayar, sumber air tawar dengan pantainya yang landai.
Di zaman Hindu/Budha Semasa Serawak berada di bawah kekuasaan kerajaan Majapahit, pastilah tempat itu merupakan pusat pemukiman ( ibukota ), karena banyak di temukan peninggalan bersejarah, seperti: situs batu gambar di Jaung, peninggalan Budha berupa Abu Budha, Sarcopagus di Bongkisan, Patung Budha di dukit Maras dan pada beberapa tempat terdapat banyak pecahan keramik Cina.

Kematian Raja Tengah yang tidak wajar, mengundang banyak pertanyaan, kemudian di tambah lagi mengapa Raden Badruddin putera kedua Raja Tengah tidak dinobatkan menjadi Raja sebagai penerus kerajaan Serawak. Bersama ibundanya dan saudara saudaranya Raden Baharuddin kembali ke Sukadana, Sebagai yang di tuturkan oleh Sultan Muhammad Syafiuddin II sebagai berikut:

“Setelah selesailah daripada memelihara matinya Raja Tengah, maka Ratu Surya dengan empat orang puteranya kembali ke negeri Sukadana, dan beberapa lamanya sudah datang di Sukadana, maka Raden Badaruddin di gelar oleh Sultan Sukadana Pangeran Mangku Negara, sudah lama-lamajadi panembahan pula.”

Read more...

07 Juni, 2009

KABUPATEN SAMBAS

Kabupaten Sambas

Kabupaten Sambas, pada masa pemerintahan Belanda merupakan daerah Afdelling Van Singkawang.
Setelah perang dunia ke-2 status Kabupaten Sambas berubah menjadi Afdelling Administratif terbagi menjadi 3 (tiga) daerah, yaitu :

1. Daerah Kesultanan Sambas yang meliputi Onderafdeling Singkawang,Bengkayang, Pemangkat dan Sambas dengan sebutan kewedanan.
2. Daerah Kerajaan/Penembahan Mempawah.
3. Daerah Kerajaan (Kesultanan) Pontianak dan sebagian daerahnya adalah mandor.

Setelah perang dunia ke-2 berakhir,daerah ini berubah menjadi daerah otonom Kabupaten Sambas dengan ibukota Singkawang yang terdiri dari 4 (empat) kewedanan yaitu :

1. Kewedanan Singkawang
2. Kewedanan Pemangkat
3. Kewedanan Sambas
4. Kewedanan Bengkayang

Berdasarkan UU Nomor 27 tahun 1959 tentang penetapan Undang-undang Darurat Nomor 3 tahun 1953 tentang pembentukan daerah tingkat II di Kalimantan Barat (LNRI Nomor 72 tahun 1959 Tambahan LNRI Nomor 1820), Pembentukan Kabupaten Sambas mulai terrealisir dan sejak tahun 1963 sistem kewedanan dihapuskan sehingga wilayah Pemerintahan Kabupaten Sambas berubah menjadi 15 wilayah kecamatan dan pada tahun 1988 berubah menjadi 19 kecamatan dimana 2 kecamatan diantaranya merupakan daerah Pemerintahan Kota Administratif Singkawang.
Dengan terbitnya Undang-undang Nomor 10 Tahun 1999 tentang pembentukan daerah tingkat II Bengkayang, maka kedudukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas pindah dari Kota Singkawang ke Kota Sambas, sehingga wilayah Kabupaten Sambas tinggal 9 Kecamatan saja.
Pada tahun 2006, Wilayah Kabupaten Sambas dimekarkan kembali menjadi 17 kecamatan dengan 1 kecamatan baru, yaitu Kecamatan Tangaran yang berasal dari pemekaran kecamatan Teluk Kearamat.
Dengan demikian kabupaten Sambas memiliki 17 kecamatan ,184 desa, 564 dusun.

NAMA-NAMA BUPATI YANG MENJABAT DI KABUPATEN SAMBAS

1. R. Djenal Asikin Judadibrata 1950 - 1951
2. Sudjana 1951 - 1952
3. Raden Prayitno Tjokro Hadi Suryo 1952 - 1954
4. Raden Abubakar Arya Diningrat 1954 - 1955
5. RPN Loemban Tobing 1955 - 1958
6. Muhammad Zaini Noer 1958 - 1960
7. Firdaus 1960 - 1967
8. H. Muhammad Nurdin 1967 - 1973
9. Soemardji 1973 - 1983
10. Saksono 1983 - 1988
11. Drs. Saidi AS 1988 - 1990
12. Drs. H. Tamar Abdulsalam 1990 - 1991
13. Syafei Djamil, Msc 1991 - 1996
14. Tarya Aryanto 1996 - 2000
15. Ir. Burhanuddin AR 2001 –sampai sekarang.

Sumber : www.sambas.go.id

Read more...

06 Juni, 2009

SEJARAH KOTA SINGKAWANG

SEJARAH KOTA SINGKAWANG

Penamaan kota ini muncul dalam beberapa versi menurut bahasa, dalam versi Melayu dikatakan bahwa nama Singkawang diambil dari nama tanaman ‘Tengkawang’ yang terdapat diwilayah hutan tropis. Menurut versi bahasa Cina, Singkawang berasal dari kosa kata ‘San Kew Jong’ yang secara harfiah berarti Gunung Mulut Lautan, maksudnya suatu tempat yang terletak dikaki gunung menghadap ke laut.

Dari beberapa catatan sejarah Singkawang mulai dikenal oleh orang Eropa sejak tahun 1834 yang tercantum dalam buku tulisan George Windsor Earl berjudul “The Eastern Seas” yang menyebut nama kota ini dengan kata ‘SINKAWAN’. Pada masa itu Singkawang lebih dikenal sebagai daerah koloni Tiongkok dimasa kongsi-kongsi penambang emas berkuasa dengan Monterado sebagai pusat kekuasaan para penambang tersebut (dalam tulisan sejarah Sambas,Pimpinan mereka disebut “Kung She” yang memiliki kuasa penuh terhadap kebijakan suatu Kongsi).
Catatan lainnya juga didapat dari salah satu tulisan G.F De Bruijn yang termuat dalam De Volken Van Nederlandsch Indie (1920) berjudul “De Maleiers” yang terjemahannya berbunyi : “……….beberapa puluh mil disebelah selatan kerajaan (Sambas) dibangun sebuah kota yang dimaksud sebagai kota pemerintahan (Belanda)”.

Singkawang Bagian dari Sebuah Kerajaan

Pada masa lalu Singkawang merupakan bagian dari Kerajaan Sambas namun pusat kekuasaannya dan pusat kegiatan belum sampai menjamah Singkawang, hal ini disebabkan masih dominannya kuasa ekonomi ditangan kongsi-kongsi Monterado. Sebaliknya kekuasaan raja-raja Sambas masih mampu mengatasi berbagai pemberontakan termasuk bantuan yang diberikan Kompeni Belanda dengan mengirimkan Overste Zorg, namun dengan berbagai kejadian itu Kerajaan Sambas merasa belum perlu memanfaatkan Singkawang terutama pelabuhannya karena Sambas sendiri memiliki pelabuhan yang cukup baik dan memenuhi syarat pada masa itu.

Singkawang Masa Belanda-Jepang

Seiring kekuasaan yang masih dipegang penuh oleh Kerajaan Sambas, Belanda juga mulai melirik daerah-daerah diluar Jawa termasuk Singkawang, maka pada tahun 1891 segera dibuka jalur pelayaran pantai terutama yang berdekatan dengan Singapura yang ketika itu merupakan poort (gerbang) keluar masuknya kapal-kapal terutama setelah dibukanya terusan Suez dan di Sinkawang dibangun pelabuhan lengkap dengan cabang (agent) KPM (Konijnlijk Peketvaart Maatschappij), demikian pula pendukung modal asing (Belanda) yang diberikan kesempatan beroperasi, yakni Perusahaan Listrik ANIEM (Algemene Nederlands Indiesche Elecktriesche Maatschaappij). Belanda juga membangun jalan-jalan darat ditahun 1912, meliputi jalur Pemangkat, Singkawang, Bengkayang yang dikenal dengan Mendareng.

Sebuah peraturan Pemerintah Hindia Belanda yang termuat dalam Staatsblad tahun 1938 nomor 352 yang dekeluarkan oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda yang mengatur bahwa Borneo ditetapkan sebagai wilayah administratif dengan ibukota terletak di Banjarmasin. Wilayah administratif Borneo ( Kalimantan ) ini dibagi dalam dua keresidenan yaitu Kersidenan Borneo bagian Selatan dan Timur. Residensi Kalimantan bagian Barat dengan Ibukota Pontianak.
Pada saat itu Singkawang merupakan sebuah kewedanaan disamping kewedanaan Pemangkat dan Bengkayang.

Beberapa catatan sejarah mengenai perjuangan masyarakat Singkawang pada masa ini antara lain

- Pernah menjadi pos terdepan dalam melawan gerakan PGRS/Paraku;
- Ekspansi ke Malaysia ;
- Perlawanan terhadap G.30.S/PKI

Sumber: Singkawang Tourism

Read more...

05 Juni, 2009

RADEN BUNGSU GELAR SULTAN ABU BAKAR KAMALUDDIN 1732-1762 M.

RADEN BUNGSU GELAR SULTAN ABU BAKAR KAMALUDDIN 1732-1762.SULTAN SAMBAS YANG KE EMPAT


Raden Mulia (Melia) gelar Sultan Umar Akamuddin 1 wafat pada hari Jum’at 2 Rabiul Awal
1145 H, bertepatan dengan 24 Agustus 1732, digantikan oleh Raden Bungsu, Sultan ke-4 Kesultanan
Sambas. Beristrikan Ratu Agung Surya Kusuma binti Opu Daeng Kamasi’, memperoleh beberapa anak yaitu:

1.Raden Jama’(Jamak), Putera Mahkota.
2.Raden ikram gelar Pangeran Bendahara Seri Maharaja,beristerikan Utin Cahya binti Gusti Jamaluddin bin Opu Daeng Manambon.
3.Raden Lasum bersuamikan Pangeran Adi Kusuma Suryadiraja bin Syaid ali dari Aceh.
4.Raden Inuk bersuamikan Pangeran Adi Kusumanata bin Syarif Muhammad Alaydrus.
5.Raden Fatimah bersuamikan Pangeran Marta (Karta) asal Brunei.
6.Pangeran Muda Sulungi (Pangeran Jaya Kusuma).


Bahwa Sultan Abu Bakar Kamaluddin memegang pucuk pimpinan Kesultanan Sambas, waktu ia diangkat menjadi sultan sudah uzur (sakit). Dalam masa pemerintahannya ia hanya dapat melanjutkan dan melaksanakan kegiatan pemerintahan yang telah dirintis oleh ayahandanya sebelumnya.Raden Bungsu dilahirkan pada hari ahad 1 Rabiul Akhir 1110 H, bertepatan dengan 7 Oktober 1698, wafat pada hari Senin 8 Rajab 1175 bertepatan 3 Februari 1762.

Read more...

04 Juni, 2009

CANDRA WIJAYA'S MENS DOUBLE CHAMPIONSHIP BADMINGTON

CANDRA WIJAYA'S MENS DOUBLE CHAMPIONSHIP BADMINGTON

Satu lagi event Bulu Tangkis tanah air,yang dicetuskan anak bangsa sebagai sumbangsih terhadap kelangsungan Bulu Tangkis dunia “Candra Wijaya's Mens Double Championship”.
Sang Aktor Candra Wijaya,bertekad meningkatkan pelaksanaan Candra Wijaya's Mens Double Championship Badmington pada tahun-tahun mendatang.

"Saya berharap pada suatu saat kejuaraan ini akan masuk dalam kalender event BWF," kata Candra di Jakarta, Senin (1/6/2009). Turnamen ini merupakan turnamen yang khusus mempertandingkan nomor ganda putra dan berlangsung awal Mei lalu.

Candra optimistis dengan kelanjutan kejuaraan ini karena melihat besarnya animo peserta dalam dan luar negeri. Sementara sambutan publik bulu tangkis yang datang ke gedung bulu tangkis Asia Afrika pun juga besar.

"Pemasukan terbesar memang dari sponsor. Dari pelaksanaan kejuaraan kemarin, sponsor mengaku puas dan menginginkan event ini diselenggarakan setiap tahun," kata Candra.

Namun untuk tahun depan, candra akan menambahkan kategori untuk pertandingan untuk 12 tahun ke bawah. "Memang banyak permintaan untuk perbaikan, seperti pertandingan untuk ganda putri. Namun saya akan mulai dulu dengan hal yang sesuai dengan pembinaan," kata Candra.

Sementara perbaikan yang lain juga akan dilakukan sesuai dengan perkembangan. "Misalnya venues dengan fasilitas yang lebih memadai. Mungkin tempat seperti tennis indoor Senayan bisa jadi alternatif."

Alternatif lain yang juga dipikirkan adalah membuat kejauraan menjadi lebih menarik buat penonton Jakarta atau pun para penggemar fanatik bulu tangkis. "Bisa saja kami tampilkan nomor veteran, atau duel meet antara pemain veteran Indonesia dengan negara lain seperti Malaysia dan China."

Dalam pertemuan dengan wartawan, Candra yang ditemani oleh dua panitia yaitu Hadi Nasri dan Rosianna Tendean memberikan penghargaan kepada media massa untuk penulisan dan foto terbaik ajang Candra Wijaya's Mens Double Championship yang lalu. Kompas.com memperoleh penghargaan penulisan terbaik, sementara Warta Kota memperoleh penghargaan sebagai foto terbaik kedua.

Sumber : JAKARTA, KOMPAS.com

Read more...

03 Juni, 2009

"CERITA SEX” MANOHARA ODELIA PINOT

“CERITA SEX” MANOHARA ODELIA PINOT

Media Indonesia sedang dihangatkan dengan simpang siur tentang cerita perkawinan Manohara dengan Pangeran dari kerajaan Kelantan
“Tengku Muhammad Fakhry”,memang ini adalah sesuatu yang sangat menyedot perhatian publik,sampai sampai berita seputar “PILPRES RI 2009” ikut tersaingi.

“Manohara Odelia Pinot” seorang model muda belia memupuk harapan dengan harapan kebahagiaan dari perkawinan dengan seorang Pangeran,tapi apa yang didapatkanya jauh panggang dari api ,karena menurut pengakuannya selama masa perkawinan ia mendapat siksaan dan deraan secara fisik dan mental.

Menurut penuturan ahli Psikologis dibeberapa media,Pangeran dari Kelantan tersebut mengidap kelainan seksualitas,yaitu berupa penyimpangan perilaku seks,yang mengakibatkan tersiksanya sang pasangan,bahkan menurut panuturan Manohara dalam wawancara dengan media,ia mengatakan seringnya dipaksa untuk melayani nafsu birahi sang suami walaupun dalam keadaan yang tak semestinya ,atau sedang datang bulan.
Padahal seharusnya malam malam pertama pengantin baru bisa dinikmati dengan cerita indah,bukanya “cerita seks” yang menakutkan.

Masih menurut penuturan Manohara bahwa Kedutaan besar yang ada diMalaysia terkesan berpihak kepada pihak kerajaan Malaysia dan tak memperjuangkan hak hak warga Negara Indonesia yang ada disana, ketika ditanya Manohara berkomentar sebaiknya dubes yang ada sekarang diganti,..Ini adalah suatu yang sangat aneh bagi kita,karena Duta perwakilan kita yang ada diMalaysia seharusnya lebih mengambil berat tentang nasib warga Indonesia yang ada di Malaysia,bukanya malah membiarkan saja warga kita yang mengalami kesulitan.

Liputan6.com, Jeju: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyarankan Manohara Odelia Pinot melayangkan permohonan kepada Departemen Luar Negeri terkait pelanggaran haknya sebagai warga negara Indonesia oleh keluarga Kerajaan Kelantan. Presiden Yudhoyono atau SBY juga mengatakan di sela-sela konferensi persnya di Jeju, Korea Selatan, Selasa (2/6), pemerintah wajib melindungi warganya dari segala tindak pelanggaran hak asasi manusia (HAM). SBY pun mengingatkan pihak yang bersimpati kepada Mahohara untuk bertindak cermat dan menjaga jangan sampai kasus ini masuk dalam ranah internal rumah tangga seseorang.

Semoga saja apa yang terjadi tidak memperburuk hubungan serumpun kedua negara...

Read more...

01 Juni, 2009

RADEN MULIA (MELIA) GELAR SULTAN UMAR AKAMUDDIN 1 1708-1732 M

RADEN MULIA (MELIA) GELAR SULTAN UMAR AKAMUDDIN 1 1708-1732 M.SULTAN SAMBAS YANG KETIGA

Setelah beberapa tahun lamaya Raden Bima gelar sultan Muhammad Tajuddin memimpin kesultanan Sambas dengan aman,makmur dan adil,ia pun wafat dalam usia tua,yaitu pada hari Jum’at 1 Syafar 1120 H,bertepatan dengan tangal 22 April 1708.

Menurut adat istiadat dikesultanan Sambas,bahwa untuk pengganti raja biasanya diangkat dengan persetujuan keluarga Sultan serta para menterinya.
Setelah sepakat maka diputuskan untuk menggantikanNya sebagai Sultan Sambas,maka dinobatkanlah Puteranya yang sulung yaitu Raden Melia dengan gelar Sultan Umar Akamuddin 1.

Sultan Umar Akamuddin 1 didalam menjalankan pemerintahan negerinya sangat adil dan bijaksana,sehingga ia disebut rakyat Sambas dengan”Marhum Adil”.Sebutan ini adalah tepat dan benar,karena ia sebagai seorang Sultan memegang teguh dasar agama Islam yang sejati serta berperi kemanusiaan,tidak sewenang wenang dalam melaksanakan tugasnya.

Sultan Umar Akamuddin 1 pernah mengirim surat kepada Daeng Opu Manambun.Opu Daeng Perani,Opu Daeng Macelak,Opu Daeng Marewa dan Opu Daeng Kemasi’ dikepulauan Riau supaya mereka dapat berkunjung ke negeri Sambas.Opu daeng lima bersaudara mengutus Opu Daeng Manambun dan Opu Daeng Kemasi’ ke Sambas.
Tiba diSambas, Sultan Umar Akamuddin 1 menyampaikan niatnya berkenan menjodohkan saudara perempuanya bernama Raden Tengah dengan Opu Daeng Kemasi’,dan Opu daeng Kemasi diangkat sebagai Pangeran Mangkubumi.
Baca selengkapnya dalam( Raja Ali Haji “SILSILAH MELAYU DAN BUGIS”,disusun dan dikaji oleh Arena Wati,hal 155-158,Pustaka Antara,Kuala Lumpur).

Sultan Umar Akamuddin 1 wafat pada hari Jum’at 2 Rabi’ul Awal 1145 H,bertepatan dengan tanggal 24 Agustus 1732 M.Beristrikan Utin Kemala dari Kerajaan Landak,memperoleh beberapa orang anak yaitu :
1. Raden Dinga,bersuamikan Gusti Jamaluddin bin Opu Daeng Menambun digelar Pangeran Cakra.
2. Raden Timba’,bersuamikan Pangeran Adipati.
3. Raden Bungsu (Putera Mahkota).

Read more...

Pengikut

Download Ebook,Internet Mobile & Gadget

RANDOM POST

  © Blogger templates Modifikasi The Professional Gradient Template by Albert Kennedy 2010

Back to TOP