27 Februari, 2009

KERAJAAN MATAN SUKADANA bag I

HUBUGAN SILSILAH KESULTANAN MATAN,SAMBAS,BRUNAI,SARAWAK,PONTIANAK DAN MEMPAWAH

Kesultanan Sambas mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kerajaan Matan,ketika Raja Tengah(Raja Sarawak) pada tahun 1600 terdampar di Matan,ia kawin dengan saudara Sultan Muhammad Syafiuddin (1627-1677) bernama Puteri Surya Kesuma..Raja Tengah adalah menantu dari Giri Kesuma mempunyai tiga orang putera Yaitu Raden Sulaiman(Sultan Sambas pertama),Raden Badaruddin dan Raden Abdul Wahab serta dua orang puteri yaitu Raden Rasmi Puteri dan Raden Ratnawati.Raden Sulaiman yang kemudian menjadi Sultan Sambas pertama bergelar Sultan Muhammad Syafiuddin,mengambil gelar kakeknya Sultan Matan ,Yaitu Sultan Muhammad Syafiuddin (jadi pembaca tidak usah bingung dengan banyaknya persamaan gelar sultan antara Sambas,Matan dan Brunai)…

Hubungan kekerabatan antara Matan Sukadana dengan berbagai kerajaan sangat erat dan salin turun temurun..Matan sudah menjadi induk Susur Galur Kesultanan Sambas,Mempawah dan Ponntianak.
Hubungan keturunan itu antara lain :
-Puteri Surya Kesuma dari Matan adalah isteri Raja Tengah dari Sarawak dan ibunda dari Sultan Muhammad Syafiuddin I (Sultan Sambas Pertama).

-Sultan Muhammad Tajudin (Sultan Sambas kedua) kawin dengan adik dari Sultan Muhammad Zainudin dari Matan,bernama,Indra Kesuma.

-Ibunda dari Sultan Syarif Abdurrahman Alkadri (Sultan Pontianak) adalah seorang puteri kerajaan Matan yang bernama Nyai Tua,kawin dengan Syarif Husin Alkadri.

-Sultan Muhammad Zainudin dari Matan kawin dengan Puteri Mas Endrawati,puteri dari Panembahan Sengkawok,Mempawah.

-Panembahan Mempawah Opu Daeng Manambun kawin dengan Puteri Kesumba,puteri Sultan Muhammad Zainuddin dari Matan.

-Sultan Syarif Abdurrahman Alkadri,(Sultan Pontianak) kawin dengan Puteri Chandramidi,Puteri dari Daeng Opu Manambun (Panembahan Mempawah).

Riwayat hubungan tiga serangkai antara Sambas dengan Brunai dan Matan Sukadana ditambah lagi dengan tautan silsilah Kesultanan Pontianak serta Mempawah,Merupakan ikon sejarah kerajaan kerajaan di Kalimantan Barat yang telah memperkokoh pula nama Kesultanan Sambas…(Bersambung)….

0 komentar:

Posting Komentar

Pengguna anonim bebas berkomentar,tapi "Maaf" semua komentar memerlukan persetujuan untuk diterbitkan.

Pengikut

Download Ebook,Internet Mobile & Gadget

RANDOM POST

  © Blogger templates Modifikasi The Professional Gradient Template by Albert Kennedy 2010

Back to TOP