19 Februari, 2009

SEJARAH BRUNAI bag 2.

KUNJUNGAN ANTONIO PIGAFETTA KE BRUNAI

Setelah Portugis menduduki Malaka tahun 1511,Portugis belum mendatangi Brunai,tanggal 17 Juli 1521,salah seorang anggota pengeliling dunia,Magelhan,yaitu Antonio Pigafetta mengunjungi Brunai.
Badaimana gambaran kebesaran kerajaan Brunai pada masa Sultan Bolkiah (1485-1524),diceritakan Antonio Pigafetta sebagai berikut : “Hari berikutnya raja pulau itu telah mengirimkan sebuah perahu ke kapal kami ,parahu itu sangat indah,bagian haluan dan buritan berlukiskan emas.dihaluanya berkibar bendera putih biru yang ujung tiangnya berhias bulu merak.didalam perahu tersebut ada sejumlah orang yang sedang memainkan seruling dan gendang,dua buah Almadias perahu nelayan mengikuti perahu tersebut dan sebuah perahu jenis Pusta.

Delapan orang pembesar dari pulau tersebut telah naik kekapal duduk diatas permadani diburitan kapal menghadiahkan sebuah cerana yang penuh berisi surih dan pinang,limau,bunga melati yang ditutupi kain sutera kuning,dia juga memberi kami dua kurung ayam,2 ekor kambing,3 tempayan arak yang disuling dari beras,dan beberapa tebu. .
Ketika kami datang ke kota,kami harus menunggu sekitar 12 jam diperahu,sehingga datang 2 ekor gajah yang dihiasi dengan kain sutera,dan 12 orang yang masing masing membawa sebuah wadah porselin yangditutupi kain sutera,untuk menyambut hadiah hadiah kami...kami naik keatas gajah,sementara 12 orang tadi berjalan kaki dihadapan membawa hadiah hadiah.kami pergi kerumah Syahbandar,disana malamnya kami tidur diatas tilam kapuk berseprai kain sutera,berselimutkan sejenis kain Cambay….

Keesokan harinya kami tinggal dirumah itu hingga tengah hari tanpa kerja apa apa,dan kemudian kami pergi ke istana raja…diujung Balairung,terdapat sebuah Balairung kecil agak tinggi,namun tidak begitu besar tempat itu dihiasi derngan kain sutera dan 2 buah jendela bertabir kain Brokat,utuk menerangi ruangan itu.

Disitu terdapat 300 pengawal raja dalam keadaan siap siaga dengan pedang terhunus.pada ujung balairung kedua ini,terdapat sebuah ruangan besar yang terbuka ditutupi dengan tirai brokat,apabila tirai ini dibuka kami melihat Raja tersenyum disinggasananya bersama salah seorang Puteranya,sambil mengunyah sirih.dibelakang baginda kelihatan perempuan perempuan belaka. .


Kami telah menerangkan kepada raja itu,bahwa kami adalah rakyat raja Spanyol,yang ingin mengadakan hubungan dagang,raja itu suka cita menerima raja Spanyol menjadi sahabatnya dan kami dibolehkan mengambil kayu dan air dan menjalankan perdagangan menurut kesukaan kami..kemudian kami pun menyerahkan hadiah hadiah.setiap kali barang barang yang dipersembahkan ,raja menganggukkan kepalanya sedikit.
Kami semua telah diberi hadiah ,terdiri dari kain sutera ,yang mereka letakkan sebentar diatas bahu kami.kemudian kepada kami disuguhkan Cengkih dan Kayu manis,dan setelah itu tirai diturunkan dan jandela ditutup.semua orang yang berada diistana memakai pakaian sutera yang bersongket benang emas,memakai mutiara dan permata permata yang berharga dan jarinya penuh dengan cincin. .


Kami menunggang gajah lagi dan kembali kerumah Syahbandar.7 orang laki laki mengikuti kami untuk membawa hadiah hadiah yang telah diberikan kepada kami...apabila kami telah sampai dirumah diberikanya hadiah tersebut kapada kami masing masing,dengan meletakkan pada bahu kami seperti yang telah dilakukan diistana raja.”(kunjungan Pigetta ke Brunai telah tercata diprasasti makam Raja Raja Brunai di Kota Batu,Bandar Sri Begawan). .

Tahun 1526 Portugis mengikat perjanjian dagang dengan Brunai..Tahun 1578 Dr Fransisco De la Sande,gubernur jenderal Spanyol di Manila marah karena Brunai mengikat hubungan dagang dengan Portugis.ia menyerang kerajaan Brunai,tetapi tidak berhasil menguasai.akibat serangan Spanyol itu kekuasaan Brunai terhadap Zulu(Philipina)dan lainya diBorneo semakin lemah….

0 komentar:

Posting Komentar

Pengguna anonim bebas berkomentar,tapi "Maaf" semua komentar memerlukan persetujuan untuk diterbitkan.

Pengikut

Download Ebook,Internet Mobile & Gadget

RANDOM POST

  © Blogger templates Modifikasi The Professional Gradient Template by Albert Kennedy 2010

Back to TOP